Tautan-tautan Akses

AS Kenakan Sanksi Baru atas Lima Perusahaan Iran


Tidewater Middle East Company, sebuah perusahaan pelabuhan besar Iran, terkena sanksi terbaru AS.

Tidewater Middle East Company, sebuah perusahaan pelabuhan besar Iran, terkena sanksi terbaru AS.

Pemerintahan Obama mengatakan perusahaan itu dikenakan sanksi karena kegiatan pengapalan gelap dan pengiriman senjata.

Amerika Serikat mengenakan sanksi baru terhadap Iran, khususnya terhadap perusahaan penerbangannya dan sebuah perusahaan pelabuhan besar Iran.

Departemen Keuangan mengumumkan tindakan hari Kamis itu terhadap Iran Air dan Tidewater Middle East Company dan 3 perusahaan lain. Pemerintahan Obama mengatakan kedua perusahaan itu dikenakan sanksi karena kegiatan pengapalan gelap dan pengiriman senjata.

Amerika Serikat dan sekutunya, serta PBB sudah menghukum Iran dengan beberapa sanksi karena berusaha membuat teknologi senjata nuklir dan atas pelanggaran hak azasi manusia.

Juga hari Kamis, Amerika, Inggris, dan Perancis menghendaki diungkapkannya laporan yang diserahkan kepada Dewan Keamanan PBB yang mengatakan Teheran melanggar embargo senjata PBB, karena mengirim senjata ke Suriah.

Namun, anggota-anggota Dewan Keamanan yang mempunyai hak veto, Rusia dan Tiongkok, tidak memberi isyarat mereka akan mengizinkan dokumen tersebut dipublikasikan.

Sebuah salinan laporan rahasia itu, yang diperoleh Reuters, mengatakan sebagian besar pelanggaran Iran terhadap embargo senjata PBB adalah berupa pengiriman senjata ke Siria, yang menurut para diplomat Barat, kemudian diteruskan ke militan Lebanon dan Palestina.

XS
SM
MD
LG