Tautan-tautan Akses

Wakil Menlu Iran Mundur di Tengah Perseteruan Politik


Wakil Menlu Iran Mohammad Malekzadeh, dan Menlu Iran Ali Akbar Salehi.

Wakil Menlu Iran Mohammad Malekzadeh, dan Menlu Iran Ali Akbar Salehi.

Wakil Menlu Iran Malekzadeh adalah sekutu Presiden Ahmadinejad yang berdebat dengan kelompok garis keras mengenai masa depan Iran.

Wakil menteri luar negeri Iran mengundurkan diri hari Selasa selagi atasannya menghadapi sidang pemakzulan karena penunjukan dirinya di tengah perseteruan politik yang kian meningkat antara kelompok garis keras dan Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Media Iran melaporkan Mohammad Sharif Malekzadeh mengundurkan diri setelah 33 anggota parlemen Iran menandatangani rancangan pemakzulan terhadap Menteri Luar Negeri Ali Akbar Salehi.

Malekzadeh yang baru diangkat itu sedang menghadapi tuduhan korupsi, dan anggota parlemen mengancam akan memberhentikan Menlu Salehi jika ia tidak memecat Malekzadeh. Malekzadeh adalah sekutu Presiden Ahmadinejad yang selama berbulan-bulan berdebat dengan kelompok garis keras dan para ulama mengenai arah masa depan Iran.

TV Iran melaporkan Malekzadeh digantikan oleh Behrouz Kamalvandi, mantan Duta Besar Iran untuk Indonesia dan Zimbabwe.

Dalam surat pengunduran dirinya, Malekzadeh mengatakan tidak mau lagi terus menghadapi “manipulasi pengecut dan bermacam ketidak adilan” dari penentangnya.

Hari Selasa media pemerintah juga melaporkan parlemen Iran menolak calon menteri muda olah raga yang diusulkan Presiden Ahmadinejad.

XS
SM
MD
LG