Tautan-tautan Akses

Ada Kemajuan dalam Pembentukan Pemerintahan Baru Yunani


Pemimpin Partai Sosialis dan mantan Menteri Keuangan Yunani, Evangelos Venizelos (foto: dok)

Pemimpin Partai Sosialis dan mantan Menteri Keuangan Yunani, Evangelos Venizelos (foto: dok)

Pemimpin Sosialis Yunani Evangelos Venizelos mengatakan Kamis (10/5), kemajuan dicapai dalam upaya ketiga negara itu untuk membentuk pemerintahan koalisi baru.

Upaya ketiga membentuk pemerintahan koalisi baru dilakukan di Yunani, setelah sebelumnya partai Kiri Radikal dan partai-partai Demokrasi Baru yang konservatif gagal untuk melakukannya pekan ini.

Venezelos, yang partainya, PASOK, berada jauh di urutan ketiga dalam perolehan suara pemilu hari Minggu lalu, mengatakan berbagai langkah dilakukan dalam pembicaraannya dengan para anggota Demokrat Kiri, partai kecil sayap kiri yang memiliki cukup suara untuk diberikan kepadanya sehingga menjadi mayoritas yang diperlukan untuk memimpin pemerintahan.

Jika kesepakatan tidak dapat dicapai, Presiden Carolos Papoulias akan terpaksa minta semua parai membentuk koalisi darurat.

Jika hal itu tidak dapat dilakukan paling lambat 17 Mei, pemilu baru akan dilangsungkan.

Partai Demokrasi Baru memenangkan paling banyak kursi di parlemen dalam pemilu haru Minggu, diikuti Partai Radikal Kiri dan PASOK. Tapi tidak ada partai yang memenangkan cukup kursi untuk bisa membentuk pemerintahan sendiri.

Para pemilih Yunani menghukum PASOK dan Demokrasi Baru karena meloloskan langkah-langkah penghematan ekonomi yang keras sebagai imbalan sejumlah besar pinjaman internasional dari negara-negara tetangga Yunani di Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menghindari gagal bayar hutang.

Pemimpin Radikal Kiri Alex Tsipras telah meminta kedua partai itu agar menarik dukungan bagi pemotongan anggaran besar-besaran tapi tidak mendapat cukup dukungan di parlemen untuk membentuk koalisi.

Para pemimpin Uni Eropa menekan Yunani agar melanjutkan rencana penghematan ekonomi.
XS
SM
MD
LG