Tautan-tautan Akses

Partai-partai Besar Yunani Kalah dalam Pemilu Parlemen


Warga Yunani memasukkan surat suaranya di sebuah TPS di Iraklio, pulau Crete (6/5). Dua partai utama Yunani mengalami kekalahan dalam pemilu parlemen ini.

Warga Yunani memasukkan surat suaranya di sebuah TPS di Iraklio, pulau Crete (6/5). Dua partai utama Yunani mengalami kekalahan dalam pemilu parlemen ini.

Rakyat Yunani yang marah, menuduh dua partai utama: Partai Demokrasi Baru dan partai PASOK bertanggung-jawab dalam memicu krisis keuangan.

Exit polls menunjukkan dua partai politik Yunani yang tadinya menghendaki pengetatan ekonomi supaya mendapat dana talangan internasional, telah mengalami kekalahan besar dalam pemilinan anggota DPR.

Kedua partai itu bergabung dalam tahun 2009 dalam usaha mendapat dana talangan untuk menyelamatkan pemerintah Yunani yang dibelit hutang. Tapi banyak rakyat Yunani menuduh Partai Demokrasi Baru yang konservatif dan partai sayap kiri PASOK justru bertanggung-jawab dalam memicu krisis keuangan karena terlibat korupsi dan salah urus yang luas.

10 partai-partai kecil diperkirakan akan mendapat tambahan kursi karena berkampanye menentang langkah-langkah penghematan itu. Partai komunis KKE justru menuntut supaya Yunani keluar sama sekali dari zona euro.

Partai sayap kanan Golden Dawn yang anti-imigran juga diperkirakan akan mendapat kursi dalam DPR untuk pertama kalinya sejak puluhan tahun.

Pemerintah Yunani telah menaikkan pajak-pajak dan mengurangi anggaran belanja, termasuk pengurangan gaji dan pensiun, sejak dua tahun lalu, sehingga menimbulkan aksi-aksi protes yang melumpuhkan ibukota dan mengakibatkan banyak kerusakan.
XS
SM
MD
LG