Tautan-tautan Akses

Abbas akan Ajukan Keanggotaan Penuh Palestina kepada DK PBB Jumat


Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat mendengarkan pidato Presiden Barack Obama di Majelis Umum PBB (21/9).

Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat mendengarkan pidato Presiden Barack Obama di Majelis Umum PBB (21/9).

Presiden Palestina itu percaya upaya bagi keanggotaan PBB tidak akan menghalangi negosiasi damai yang serius dengan Israel.

Seorang pejabat senior Palestina mengatakan Presiden Mahmoud Abbas secara resmi akan meminta Dewan Keamanan PBB agar mengakui Palestina sebagai anggota penuh badan dunia itu hari Jumat, meskipun Presiden Amerika Barack Obama mengancam akan memveto langkah itu.

Kantor berita Otoritas Palestina Wafa mengutip ajudan Abbas, Yasser Abed Rabbo, yang mengatakan hari Kamis presiden Palestina itu percaya upaya bagi keanggotaan PBB tidak akan menghalangi negosiasi damai yang serius dengan Israel.

Para pejabat Amerika mengatakan Presiden Obama memberitahu Abbas bahwa Washington akan memveto upaya Palestina itu jika dilakukan pemungutan suara di Dewan Keamanan. Kedua pemimpin itu bertemu hari Rabu di sela-sela Sidang Umum PBB di New York.

Dalam pidatonya hari Rabu, Obama mengatakan jalan untuk mencapai negara Palestina yang berdaulat adalah negosiasi langsung antara kedua pihak, bukan "pernyataan dan resolusi PBB."

XS
SM
MD
LG