Tautan-tautan Akses

Palestina akan Lanjutkan Upaya untuk Peroleh Pengakuan PBB


Pelajar Palestina menyampaikan keinginan pengakuan atas keanggotaan Palestina di PBB, di depan kantor PBB di Ramallah, Tepi Barat (20/9).

Pelajar Palestina menyampaikan keinginan pengakuan atas keanggotaan Palestina di PBB, di depan kantor PBB di Ramallah, Tepi Barat (20/9).

Meskipun sudah mendapat peringatan Amerika, Palestina akan terus berupaya untuk mendapatkan pengakuan keanggotaan di PBB.

Beberapa pejabat Palestina mengatakan mereka akan melanjutkan upaya mereka untuk memperoleh keanggotaan penuh Palestina di PBB meskipun dengan adanya usaha-usaha diplomatik untuk membujuk mereka untuk menghentikan upaya tersebut. Palestina disarankan untuk memulai lagi pembicaraan perdamaian dengan Israel.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan kepada Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, tindakan Palestina di PBB itu tidak akan berhasil. Beberapa pejabat Gedung Putih mengatakan Obama telah memperingatkan Presiden Palestina itu Rabu malam di New York bahwa Amerika akan memveto langkah Dewan Keputusan PBB untuk mengakui status Palestina sebagai sebuah negara.

Para pembantu senior Palestina bertekad akan menolak manuver politik mengenai isu itu. Tetapi mereka menambahkan bahwa Palestina akan memberikan “waktu sebentar” kepada Dewan Keamanan untuk mempelajari permohonan mereka untuk menjadi anggota penuh Dewan Keamanan sebelum mengajukan permohonan tersebut ke Majelis Umum PBB.

Sebelumnya hari Rabu, Obama mengatakan tidak ada “jalan pintas” menuju perdamaian di Timur Tengah. Dia mengatakan perdamaian tidak akan dicapai melalui “pernyataan dan resolusi di PBB” tetapi melalui negosiasi langsung antara Israel dan Palestina.

XS
SM
MD
LG