Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok Kunjungi India, Kedua Belah Pihak Ingin Perkuat Hubungan


Perdana Menteri India Manmohan Singh menyambut PM Tiongkok Wen Jiabao di New Delhi.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyambut PM Tiongkok Wen Jiabao di New Delhi.

Meskipun hubungan ekonomi antara India dan Tiongkok berkembang pesat, tetap ada beberapa perbedaan pendapat penting antarkedua negara.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao tiba di India pada hari Rabu untuk melakukan pembicaraan yang diduga terfokus pada pembangunan rasa saling percaya antarkedua negara.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri India Vishnu Prakash mengatakan pada hari Selasa, "selama bertahun-tahun, hubungan bilateral telah berkembang menjadi dewasa dan multi kompleks."

Meskipun hubungan ekonomi antara India dan Tiongkok berkembang pesat, tetap ada beberapa perbedaan pendapat penting. Wen dan Perdana Menteri India Manmohan Singh akan berusaha meluruskannya pada waktu keduanya bertemu pada hari Kamis.

Tidak banyak tercapai kemajuan dalam upaya menyelesaikan pertikaian perbatasan, meskipun telah dilakukan perundingan bertahun-tahun. India juga ingin menciutkan kesenjangan perdagangan yang kian lebar, dan mendesak Tiongkok agar mendukung upayanya menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Dari India, Wen akan berkunjung ke Pakistan.

XS
SM
MD
LG