Tautan-tautan Akses

Delegasi Tiongkok Kunjungi Washington untuk Bahas Isu-isu Kunci Ekonomi


Amerika mendesak agar Tiongkok menghilangkan hambatan terhadap ekspor dan investasi Amerika.

Amerika mendesak agar Tiongkok menghilangkan hambatan terhadap ekspor dan investasi Amerika.

Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan memimpin 100 anggota delegasi perdagangan untuk berunding dengan AS.

Para pejabat perdagangan Amerika dan Tiongkok bertemu di Washington, Selasa, membahas prospek ekonomi global, isu mata uang dan strategi menggalakkan perdagangan bilateral dan investasi.

Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan memimpin delegasi yang terdiri dari sekitar 100 pejabat perdagangan untuk melakukan pertemuan dua hari dengan delegasi Amerika yang dipimpin Menteri Keuangan Timothy Geithner.

Tiongkok dan Amerika berbeda pendapat mengenai isu-isu perdagangan dan ekonomi. Pemerintah Amerika menuduh Tiongkok menetapkan nilai tukar yuan terlalu rendah untuk membantu produksi ekspor Tiongkok. Amerika mendesak agar Tiongkok menghilangkan hambatan terhadap ekspor dan investasi Amerika sementara Amerika berusaha mengurangi defisit perdagangan yang sangat besar dengan Tiongkok.

Pertemuan dilakukan sehari setelah Organisasi Perdagangan Sedunia (WTO) menolak keluhan Tiongkok terkait cukai yang dikenakan Amerika terhadap ban buatan Tiongkok. Pada hari yang sama, dua senator Amerika mengajukan rancangan udang-undang untuk menghukum Tiongkok karena memanipulasi nilai valutanya.

XS
SM
MD
LG