Reaksi Dunia Terhadap Ketegangan AS-Iran Terfokus pada Deeskalasi

Pemerintah negara-negara di berbagai penjuru dunia mendesak AS dan Iran untuk mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan. (Foto: ilustrasi).

Pemerintah negara-negara di berbagai penjuru dunia mendesak AS dan Iran untuk mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan setelah Iran melancarkan serangan terhadap kepentingan AS di Irak.

Dominic Raab

Menlu Inggris Dominic Raab, Rabu (8/1), mengutuk serangan misil Iran terhadap dua pangkalan angkatan udara yang menampung pasukan AS dan koalisi, termasuk Inggris.

"Kami mendesak Iran untuk tidak mengulang serangan ceroboh dan berbahaya ini, dan sebaiknya justru mengusahakan deeskalasi segera,” kata Raab.

Ia menambahkan, perang di kawasan itu hanya akan membantu usaha ISIS, kelompok militan yang menjadi target utama misi koalisi di Irak.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengungkapkan keprihatinanya mengenai situasi di Timur Tengah, dan menyerukan agar negara-negara yang terlibat dalam konflik tersebut menempuh jalur diplomasi untuk memperbaiki hubungan.

Menlu Uni Emirat Arab Anwar Gargash mengunggah sebuah pernyataan di Twitter yang mengimbau agar kedua pihak mengambil sikap menahan diri agar tidak memperparah ketegangan. “Deeskalasi adalah sebuah langkah bijak dan perlu. Jalur politik menuju stabilitas harus ditempuh,” katanya. [ab/uh]