Tautan-tautan Akses

Pesawat Penumpang Ukraina Jatuh dekat Teheran, 176 Tewas


Kepingan pesawat Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan PS752 milik maskapai penerbangan Ukraine International Airlines yang jatuh sesaat setelah lepas landas dari bandara Imam Khomeini, Teheran, Iran, 8 Januari 2020.

Sebuah pesawat jet Ukraina dengan 176 orang di dalamnya jatuh, Rabu (8/1), hanya beberapa menit setelah lepas landas dari bandara utama ibukota Iran. Seluruh penumpang dan awak pesawat tersebut dipastikan tewas.

Pesawat Ukraine International Airlines ini jatuh berapa jam setelah Iran meluncurkan serangan misil balistik terhadap pangkalan-pangkalan Irak yang menampung pasukan Amerika. Namun, para pejabat Ukraina dan Iran sama-sama mengatakan, persoalan mesin kemungkinan menjadi penyebab jatuhnya pesawat Boeing 737-800 itu.

Menlu Ukraina Vadim Prystaiko mengatakan, ada 82 warga negara Iran, 63 warga negara Kanada, 10 warga negara Swedia, empat warga negara Afghanistan, tiga warga negara Jerman, tiga warga negara Inggris dan 11 warga negara Ukraina di pesawat tersebut.Warga Ukraina yang tewas termasuk dua penumpang dan sembilan awak pesawat.

Para pejabat perusahaan penerbangan itu mengatakan, pesawat itu bertujuan ke ibukota Ukraina, Kiev, namuan tujuan akhir para penumpangnya beragam.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengungkapkan pernyataan dukanya kepada keluarga para korban. Kantornya menyebutkan, ia mempersingkat lawatannya ke Oman dan kembali ke Kiev karena musibah tersebut. Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk mengukuhkan jumlah korban tewas.

Ukraine International Airlines mengatakan telah menunda semua penerbangan ke Teheran menyusul kecelakaan itu. “Pesawat yang jatuh itu merupakan salah satu pesawat terbaik kami, dengan semua awaknya yang luar biasa dapat diandalkan,“ kata Yevhen Dykhne, presiden Ukraine International Airlines, pada sebuah konperensi pers setelah kecelakaan terjadi. [ab/uh]

Lihat komentar (2)

XS
SM
MD
LG