Mattis Yakinkan Korea Selatan akan Komitmen Dukungan Keamanan AS

Menteri Pertahanan Amerika, Jim Mattis

Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis hari Kamis (28/6) meyakinkan Korea Selatan bahwa komitmen Amerika untuk keamanan Korea Selatan “tetap kuat.”

Komentar itu muncul ketika Mattis bertemu dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan, Song Young-moo di Seoul, sementara para perunding dari kedua negara terus berusaha mencapai tujuan, yakni denuklirisasi Semenanjung Korea.

Sebelumnya, bulan ini, Presiden Amerika Donald Trump mengumumkan penangguhan latihan militer dengan Korea Selatan setelah ia mengadakan pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Korea Utara telah lama menyerukan agar latihan itu dihentikan di tengah-tengah kekhawatiran bahwa latihan-latihan itu sebagai persiapan untuk invasi. Militer Amerika maupun Korea Selatan menlak anggapan demikian.

Langkah Trump tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan sekutu Amerika di kawasan itu tentang bantuan keamanan berkesinambungan yang akan diberikan oleh Amerika Serikat.

Mattis mengatakan hari Kamis bahwa penghentian latihan itu menciptakan kesempatan yang lebih baik untuk perdamaian di semenanjung Korea.

Dalam lawatan ini, Menteri Pertahanan Jim Mattis sebelumnya singgah di China di mana dia bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan menyampaikan keprihatinan tentang militerisasi dan kebebasan navigasi di Laut China Selatan. [lt]