Gol Van Dijk Antar Belanda ke Semifinal Nations League

Bek timnas Belanda, Virgil van Dijk (kiri) merayakan hasil imbang 2-2 dalam laga UEFA Nations League antara Jerman vs Belanda di Gelsenkirchen, 19 November 2018.

Gol Virgil van Dijk di menit ke-91 berhasil mengantar Belanda lolos ke semifinal dalam laga Nations League antara Belanda melawan Jerman. Van Dijk menyamakan kedudukan Belanda dengan Jerman 2-2 dalam laga yang berlangsung Senin (19/11), kantor berita AFP melaporkan.

Belanda berhasil menjuarai Grup A1 dan unggul atas juara Piala Dunia Perancis, setelah mencetak dua gol di enam menit terakhir di Gelsenkirchen.

Belanda sempat tertinggal 2-0, ketika pemain Jerman Timo Werner dan Leroy Sane mencetak gol untuk Jerman pada paruh pertama. Van Dijk, yang juga bek untuk Liverpool, menuntaskan perlawanan Belanda setelah Quincy Promes mencetak gol pertama pada menit ke-85.

“Laga itu sangat sulit bagi kami. Pemain Jerman sangat tajam dan cepat pada paruh pertama,” kata pelatih timnas Jerman, Ronald Koeman, seperti dikutip AFP.

“Kami berjuang untuk kembali di babak kedua dan terus melakukan tekanan.”

Hasil imbang dengan Jerman sudah cukup mengantar Belanda ke babak gugur sebagai pemenang Grup Satu. Perancis berada di posisi kedua, sedangkan Jerman harus terdegradasi ke liga B. [ft]