Bulu Tangkis: Marcus/Kevin Sabet Gelar Pemain Putra Terbaik 2018

Marcus Fernando Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) merayakan kemenangan atas pasangan ganda Jepang, Keigo Sonoda dan Takeshi Kamura, dalam final ganda putra Hong Kong Terbuka, 18 November 2018.

Pasangan ganda putra bulu tangkis Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil meraih penghargaan Pemain Putra Terbaik BWF untuk tahun kedua berturut-turut. Sedangkan penghargaan Pemain Putri Terbaik diraih oleh Huang Yaqiong dari China, seperti dilansir oleh situs web BWF World Tour Finals.

Pemberian penghargaan berlangsung dalam jamuan makan malam HSBC World Tour Finals 2018, kemarin, Senin (10/12).

Pasangan yang dijuluki ‘Minions’ itu mengalahkan dua nominator, yaitu Zheng Siwei dari China dan Kento Momota dari Jepang. Huang Yaqiong mengalahkan Tai Tzu Ying dari China Taipei dan pasangan ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

“Meraih penghargaan ini untuk kedua kali berturut-turut adalah kehormatan besar. Ini menjadi inspirasi bagi kami untuk terus bekerja keras. Kami bermain bagus selama musim ini, tapi prestasi terbesar kami adalah memenangkan medali emas Asian Games,” kata Kevin seperti dilansir BWF World Tour Finals.

Pasangan ganda dari China, Han Chengkai dan Zhou Haodong menerima Penghargaan Eddy Choong untuk Pemain Paling Menjanjikan. Atlet muda tersebut memenangkan turnamen YONEX French Open dan juara kedua VICTOR China Open. Mereka mengungguli nominasi lainnya, yaitu Apriyani Rahayu dan Gregoria Mariska Tunjung dari Indonesia, He Jiting dari China, dan Goh Jin Wei dari Malaysia.

Penghargaan untuk Pemain Paling Maju (Most Improved Player) diberikan kepada Mayu Matsumoto dan Wakana Nagahara, peraih medali emas turnamen TOTAL BWF World Championships 2018. Kandidat lainnya adalah Seo Seung Jae (Korea), Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), He Jiting (China) dan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia).

Jack Shephard dari Inggris dan Leani Ratri Oktila dari Indonesia dinobatkan sebagai Atlet Bulu Tangkis Difabel Putra dan Putri Terbaik 2018. [ft/au]