AS Setujui Tes Antigen Virus Corona dengan Hasil Cepat

  • Associated Press

Lindsey Leinbach mengambil swab untuk menguji virus corona di fasilitas pengujian One Medical yang dibangun untuk membantu dengan wabah COVID-19, di New York City, AS, 21 April 2020. (Foto: Reuters/Lucas Jackson)

Para regulator AS telah menyetujui sebuah tes virus corona jenis baru yang disebut pejabat pemerintah sebagai kunci untuk membuka kembali negara itu.

Badan Pangan dan Obat-obatan (FDA) pada Sabtu (9/5) mengumumkan otorisasi darurat untuk tes-tes antigen yang dikembangkan Quidel Corp. di San Diego.

Tes itu bisa dengan cepat mendeteksi fragmen-fragmen protein virus dalam sampel-sampel yang dikumpulkan lewat uji usap dari rongga hidung, kata FDA dalam pernyataan.

BACA JUGA: Negara-negara Saling Bersaing untuk Jadi Penemu Vaksin Covid-19

Sekarang ini, satu-satunya cara untuk mendiagnosis COVID-19 aktif adalah dengan mengetes materi virus genetika dari sampel yang diambil lewat uji usap.

Meskipun dianggap sangat akurat, test-tes itu bisa menghabiskan waktu berjam-jam dan memerlukan perangkat khusus yang mahal. Quidel mengatakan tes-tes yang diproduksinya bisa mengeluarkan hasil hanya dalam 15 menit. [vm/ft]