Aliran Lahar Panas Gunung Kilauea di Hawaii Ancam Permukiman Warga

Aliran lahar panas telah melewati pagar yang menandai properti di kota Pahoa, Hawaii (28/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS).

Lahar panas dari gunung berapi Kilauea terlihat semakin mendekati wilayah permukiman dekat desa Pahoa, Hawaii (27/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS).

Sebuah pohon palem terlihat dikelilingi lahar panas dari gunung berapi Kilauea yang terus mengalir melintasi padang rumput di tempat pemakaman Pahoa, Hawaii (26/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS).

Ahli geologi dari Observatorium Gunung Berapi Hawaii melakukan pemetaan margin laju aliran lahar panas tanggal 27 Juni lalu, di sebuah lapangan terbuka di dekat kota Pahoa, Bis Island, Hawaii (26/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS). 

Aliran lahar dari letusan yang dimulai 27 Juni dinilai tetap aktif dan terus maju ke arah timur laut, mengancam kota Pahoa di Big Island Hawaii (26/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS).

Lahar panas dari gunung Kilauea terlihat terus melintasi wilayah antara pemakaman Pahoa dan jalan Apa'a di desa Pahoa, Hawaii (25/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS).

Lahar panas dari Gunung Berapi Kilauea yang megalir sejak 27 Juni, terlihat telah melewati jalan Apaa dekat kota Pahoa, di Big Island, Hawaii (24/10). (Foto: Badan Survei Geologi AS).