Tautan-tautan Akses

Zimbabwe Memohon untuk Diizinkan Menjual Gading Gajah


Seorang petugas Taman Nasional Zimbabwe tampak memeriksa kondisi gading gajah dalam sebuah kunjungan melihat stok gading di Harare, pada 16 Mei 2022. (Foto: AP/Tsvangirayi Mukwazhi)
Seorang petugas Taman Nasional Zimbabwe tampak memeriksa kondisi gading gajah dalam sebuah kunjungan melihat stok gading di Harare, pada 16 Mei 2022. (Foto: AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Zimbabwe telah meminta dukungan internasional untuk diizinkan menjual stok gading gajah yang mereka miliki. Dilaporkan bahwa dana sebesar $600 juta diperkirakan akan diperoleh dari penjualan gading sitaan itu. Dana tersebut sangat dibutuhkan untuk konservasi populasi gajah yang berkembang pesat.

Negara di Afrika selatan itu membuka konferensi internasional tiga hari pada Senin (23/5) di Taman Nasional Hwange, taman margasatwa terbesar di negara itu, untuk mencoba mendapat dukungan internasional agar diizinkan menjual gading.

Jika tidak diizinkan menjual 130 ton gadingnya, yang diperkirakan bernilai $600 juta, para pejabat memperingatkan bahwa Zimbabwe mungkin akan keluar dari Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah (CITES). Wakil-wakil dari 16 negara Afrika, serta Jepang dan China, yang merupakan konsumen utama gading, akan menghadiri konferensi tersebut, kata para pejabat.

Pekan lalu, utusan dari sebagian negara Uni Eropa, Inggris, Amerika dan Kanada diajak meninjau brankas yang dijaga ketat di Harare yang berisi tumpukan gading.

"Kami tidak melihat ada yang salah dengan penjualan lagi dalam era pandemi COVID-19 ini. Konservasi memang merupakan usaha yang mahal. Kami dengan hormat meminta dukungan agar Zimbabwe diizinkan menjual stok nasional gading kami," kata Direktur Jenderal ZimParks, Fulton Mangwanya, dalam pengarahannya kepada para pejabat Uni Eropa.

Pihak berwenang mengatakan mereka sangat membutuhkan dana dari penjualan itu untuk mengelola populasi gajah, yang mereka katakan telah berkembang menjadi "membahayakan". [ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG