Tautan-tautan Akses

Zelenskiy dan Poroshenko Berikan Suara di TPS


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dengan mengenakan masker memasukkan surat suara untuk pemilu di tengah virus corona (Covid-19) di Kyiv, Ukraina, 25 Oktober 2020. (Foto: Reuters)

Warga Ukraina, Minggu (25/10), memberikan suara untuk pemilu lokal, yang dipandang sebagai uji coba bagi Presiden Volodymyr Zelenskiy yang bertekad akan menciptakan perdamaian, memberantas korupsi endemik dan memulihkan perekonomian yang memburuk.

Zelenskiy adalah mantan komedian yang terpilih menjadi presiden tahun lalu.

Ketika memberikan suara di Kiev, Zelenskiy mengatakan kepada wartawan, penting baginya “sebagaimana juga warga Ukraina di mana pun untuk memilih yang kami percayai.”

Zelenskiy menang telak sebagai presiden pada April 2019 setelah menjanjikan untuk mengakhiri pertempuran diantara pasukan Ukraina dan kelompok separatis yang didukung Rusia di bagian timur negara itu. Meskipun tidak memiliki pengalaman politik, ia dengan cepat menguasai jalannya pemerintahan dengan melangsungkan pemilihan parlemen yang membuat partainya memenangkan kursi mayoritas.

Namun, laki-laki berusia 42 tahun itu melihat popularitasnya mulai anjlok seiring merosotnya standar hidup warga, masih terus meluasnya korupsi dan terhambatnya kemajuan nyata internasional merundingkan kembali penyelesaian konflik separatis di bagian timur Ukraina.

Secara terpisah di ibu kota Ukraina, istri mantan presiden Petro Poroshenko, Maryna Poroshenko, bertarung melawan petahana walikota yang juga mantan petinju Vitali Klitscho, yang setahun terakhir ini telah berselisih paham dengan Zelenskiy. Klitscho saat ini sedang menjalani karantina setelah dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Partai mantan presiden Petro Poroshenko dan mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko diperkirakan akan memenangkan sebagian besar kursi walikota dan dewan di bagian barat Ukraina. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG