Tautan-tautan Akses

Yunani akan Peroleh Bantuan Uni Eropa


PM George Papandreou berjanji akan melakukan apapun yang diperlukan untuk menyelamatkan Yunani.

Perdana Menteri Yunani sedang berusaha menyiapkan negaranya yang dibebani utang untuk pertolongan keuangan yang kemungkinan akan mendatangkan penderitaan ekonomi lagi.

Perdana Menteri George Papandreou bertemu dengan para pemimpin serikat buruh dan partai sosialisnya yang berkuasa hari Kamis, dimana ia berjanji akan melakukan apapun yang diperlukan untuk menyelamatkan negara.

Pejabat ekonomi tertinggi Komisi Eropa, Ollie Rehn, mengatakan hari Kamis bahwa persetujuan terakhir mengenai paket bantuan darurat beberapa tahun akan dicapai dalam beberapa hari lagi. Para pejabat mengatakan dana talangan itu kemungkinan akan sebesar $ 160 milyar, dan akan mengharuskan Yunani mengambil tindakan lebih jauh untuk memotong secara drastis defisit negara sebelum tahun 2011.

Para pemimpin serikat buruh mengatakan persetujuan yang diusulkan itu dapat menimbulkan penderitaan yang berat. Seorang pejabat Serikat buruh menyamakannya dengan pemaksaan.

Polisi menembakkan gas air mata terhadap demonstran di luar kementerian keuangan Yunani Kamis malam sementara ratusan orang berkumpul untuk berdemonstrasi menentang langkah penghematan itu.

Para politisi dan penanam modal khawatir bahwa masalah ekonomi dapat menyebar kalau Yunani gagal membayar kembali hutangnya. Keprihatinan itu timbul sebelumnya pekan ini, ketika badan penilai kelayakan kredit, Standard and Poor, menurunkan angka kelayakan Yunani, Portugal dan Spanyol.

XS
SM
MD
LG