Tautan-tautan Akses

Yunani: 151 Migran Diselamatkan di Laut Aegea


Sebuah kapal penyelamat dan kapal patroli Frontex (latar belakang) mengawal perahu migran dari Afghanistan, di pulau Lesbos, Yunani, 28 Februari 2020. (Foto: dok).

Garda Pantai Yunani mengatakan, operasi SAR digelar, Selasa malam (8/9), setelah sebuah kapal pesiar (yacht) yang mengangkut lebih dari 150 migran ditemukan dalam kesulitan di tengah cuaca buruk di sebelah timur laut Amorgos, sebuah pulau di laut Aegea.

Garda Pantai mengatakan, Rabu (9/9), sebuah kapal kargo di dekatnya berhasil menyelamatkan 151 orang dari kapal itu. Operasi SAR itu sendiri melibatkan sejumlah kapal Garda Pantai dan Angkatan Laut Yunani.

Seorang saksi mata yang berada di kapal kargo berbendera Antigua dan Barbuda itu mengatakan, ia dan sejumlah awak lainnya, melihat adanya seorang lain yang berenang menjauhi kapal pesiar yang sedang dalam kesulitan tersebut. Namun, angin kuat yang berhembus keras menghambat operasi SAR lebih lanjut pada Rabu pagi.

Garda Pantai mengatakan, kapal kargo yang memberi pertolongan itu kini sedang membawa para migran yang diselamatkan ke Turki.

Ribuan orang, yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan di Timur Tengah, Afrika dan Asia, tiba di pulau-pulau di Yunani setiap tahunnya dalam usaha masuk ke Uni Eropa. Kebanyakan dari mereka berusaha menyelundup masuk ke pulau-pulau itu dengan menggunakan perahu-perahu karet kecil. Namun, pihak berwenang Yunani mengatakan, akhir-akhir ini, mereka melihat tren meningkatnya usaha para penyelundup menggunakan kapal-kapal berukuran besar, seperti kapal pesiar atau kapal layar, untuk mengangkut para migran ilegal ke Eropa. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG