Tautan-tautan Akses

Yonhap: Pejabat Korut Menuju AS untuk Lakukan Pembicaraan


Kim Yong Chol (kanan) di bandara internasional Beijing, China, 17 Januari 2019.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, menyatakan seorang pejabat tinggi Korea Utara tiba di Beijing, Kamis (17/1) dalam perjalanannya ke Washington, untuk meletakkan landasan bagi pertemuan puncak kedua antara Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump.

Kim Yong Chol dijadwalkan tiba di Washington, Kamis sore (17/1) dengan pesawat Air China. Ia akan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, Jumat (18/1) sebelum melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Trump di Gedung Putih. Yonhap menyatakan ia akan menyampaikan sepucuk surat dari Kim Jong-un untuk Trump dalam kunjungan tersebut.

Harapan semakin berkembang bahwa kedua pemimpin itu dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan lanjutan setelah pertemuan bersejarah mereka Juni lalu di Singapura, yang pertama antara presiden Amerika yang sedang menjabat dengan seorang pemimpin Korea Utara.

Kim Jong-un melakukan perjalanan ke Beijing pekan lalu untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa Kim sedang berkoordinasi dengan China menjelang pertemuan puncak kedua yang mungkin diadakan dengan Trump. [uh]

XS
SM
MD
LG