Tautan-tautan Akses

Yamada Wafat Tanpa Sempat Saksikan Olimpiade Tokyo 2020


Naotoshi Yamada berpose dengan berbagai suvenir Olimpiade dan busana khasnya di kantornya di Tokyo, 3 Oktober 2018. (Foto: Reuters/Toru Hanai)

Naotoshi Yamada, yang terkenal di Jepang sebagai penggemar berat Olimpiade karena selalu menyaksikan langsung pesta olahraga itu sejak 1964, wafat dalam usia 92 tahun.

Penggemar berat Olimpiade itu tutup usia dengan satu impian yang tak tercapai, yaitu menyaksikan Olimpiade kembali digelar di Jepang tahun depan.

Yamada wafat pekan lalu akibat gagal jantung, dilansir Reuters mengutip laporan stasiun televisi NHK.

Yamada, yang dikenal sebagai “Olympic Ojisan” atau “Kakek Olimpiade”, pertama kali menyaksikan langsung Olimpiade ketika Tokyo menjadi tuan rumah pesta olahraga sejagat itu pada 1964.

Dengan senyum mengembang dan mengenakan topi berwarna emas dan jaket merah, Yamada menjadi pemandangan unik pada setiap Olimpiade sejak saat itu.

Dalam wawancara dengan Reuters pada Oktober, Yamada mengungkapkan keinginannya untuk umur Panjang agar bisa menyaksikan Olimpiade Tokyo 2020.

“Ini akan menjadi puncak tahun-tahun saya menyemangati setiap Olimpiade,” kata Yamada saat itu.

Koleksi bendera-bendera, perangko-perangko, foto-foto dan barang-barang lain yang dia kumpulkan selama perjalanan menyaksikan setiap Olimpiade, dipamerkan di sebuah galeri di kota kelahirannya, Nanto, di Prefektur Toyama. [ft]

XS
SM
MD
LG