Tautan-tautan Akses

Xi Jinping akan Lakukan Kunjungan Kenegaraan ke Korea Utara Pekan Ini


Presiden China Xi Jinping dalam upacara penyambutan pemimpin Korut Kim Jong Un di Beijing, 8 Januari 2019 lalu (foto: dok).
Presiden China Xi Jinping dalam upacara penyambutan pemimpin Korut Kim Jong Un di Beijing, 8 Januari 2019 lalu (foto: dok).

Presiden China, Xi Jinping akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Korea Utara pekan ini, seperti diumumkan oleh kantor berita negara itu hari Senin (17/6), di tengah macetnya pembicaraan AS dengan Korea Utara mengenai program nuklir.

Xi akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dalam kunjungannya hari Kamis (20/6) dan Jumat (21/6), demikian ujar penyiar stasiun TV pemerintah China, CCTV. Dikatakan, lawatan itu merupakan yang pertama oleh Presiden China dalam 14 tahun.

Kantor Berita Resmi Korea Utara juga mengumumkan kunjungan itu, tetapi tidak memberi rincian lebih lanjut.

Kunjungan itu bertepatan dengan peringatan ke-70 hubungan diplomatik antara China dan Korea Utara, kata CCTV. Penyiar itu menambahkan para pemimpin akan bertukar pandangan tentang situasi di semenanjung Korea.

Kunjungan itu dilakukan ketika kesepakatan antara AS dan Korea Utara tampaknya menemui jalan buntu.

Pertemuan puncak di Vietnam antara Kim dan Presiden Donald Trump Februari lalu gagal setelah AS menolak permintaan Korea Utara untuk melonggarkan sanksi-sanksi AS, sebagai imbalan atas pembongkaran kompleks nuklir utamanya, sebagian dari langkah pelucutan. Sejak pertemuan puncak itu, tidak ada kontak penting antara AS dan Korea Utara yang diumumkan.

Kim melawat ke Rusia April lalu untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Langkah itu dinilai untuk memperkuat pengaruhnya atas Washington dan membujuk Moskow untuk melonggarkan penerapan sanksi-sanksi internasional terhadap Korea Utara. (ps/em)

Recommended

XS
SM
MD
LG