Tautan-tautan Akses

WHO Peringatkan Kaum Muda Bahaya Covid-19


Sekelompok ada muda di pantai Miami Beach, Florida, 30 Juni 2020. (Foto: AP)

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kamis (30/7), mengatakan kenaikan kembali jumlah kasus Covid-19 di banyak negara “antara lain didorong oleh kaum muda yang tidak berhati-hati pada musim panas di belahan utara Bumi."

Para orang muda dewasa, banyak yang tidak mengenakan masker, mengabaikan rekomendasi agar menjaga jarak fisik. Mereka memadati bar, klub malam, dan pantai yang dibuka kembali sejak pemerintah mencabut pembatasan terkait virus corona.

“Mayoritas orang muda yang tertular cenderung mengidap penyakit yang lebih ringan. Tetapi tidak selalu demikian," ujar Maria Van Kerkhove, pakar epidemiologi WHO yang menyebut klub malam "penguat transmisi."

Orang muda yang menunjukkan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala, bisa menyebarkan virus itu ke orang tua yang lebih rentan.

Menurut data dari Johns Hopkins University, Amerika melaporkan lebih dari 81 ribu kasus baru Covid-19 pada Kamis (30/7), sehingga jumlah total penularan menjadi lebih dari 4,48 juta.

Data itu menunjukkan, total 4.487.072 orang telah tertular Covid-19 sampai Kamis (30/7) malam. Sementara itu, 151.860 orang meninggal akibat penyakit itu setelah 1.635 kematian baru dilaporkan pada Kamis.[ka/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG