Tautan-tautan Akses

WFP: 40 Persen Warga Afghanistan Terancam Kelaparan


Direktur Eksekutif WFP Ertharin Cousin dalam konferensi pers di Beirut, Lebanon (Foto: dok).
Direktur Eksekutif WFP Ertharin Cousin dalam konferensi pers di Beirut, Lebanon (Foto: dok).

Program Pangan Dunia (WFP) telah memperingatkan bahwa 40 persen penduduk Afghanistan, atau 11,3 juta orang, terancam kelaparan sementara kekurangan gizi kronis menimpa lebih dari 40 persen anak-anak balita di Afghanistan.

Direktur Eksekutif WFP Ertharin Cousin mengeluarkan peringatan itu Jumat pada akhir kunjungan perdana empat harinya ke negara yang dilanda perang. Ini juga kunjungan pertama oleh seorang kepala WFP dalam 13 tahun.

Ertharin Cousin "memohon" agar komunitas donor melanjutkan dukungan mereka meskipun pendanaan menipis karena krisis global yang baru.

"Ini bukan saatnya bagi masyarakat internasional untuk berpaling dari kebutuhan rakyat Afghanistan," katanya kepada wartawan di Kabul.

Walaupun WFP sudah memberi bantuan pangan dan uang kepada hampir dua juta orang Afghanistan yang paling rentan, Ertharin mengatakan, organisasi itu membutuhkan dana dari donor sebesar $50 juta untuk memberi bantuan kepada 1,6 juta orang lagi hingga akhir tahun ini.

Dia mencatat 3,6 juta warga Afghanistan yang sedang berusaha dibantu WFP tidak termasuk ribuan keluarga pengungsi yang telah kembali atau sedang dalam proses kembali ke kampung halaman mereka dari Pakistan tahun ini.

Ertharin mengakui bahwa ketidakstabilan yang meningkat dan konflik di beberapa daerah Afghanistan telah memaksa WFP menghentikan operasi mereka secara berkala sepanjang tahun. [as/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG