Tautan-tautan Akses

AS

Wawancara Khusus VOA dengan Presiden Trump di Sela KTT G20


Presiden AS Donald Trump berbicara dengan kontributor VOA Greta Van Susteren di Buenos Aires, Argentina (Foto: Brian Allen, VOA).

Presiden Donald Trump berbicara dengan kontributor VOA Greta Van Susteren di Buenos Aires, Argentina di mana presiden Amerika itu menghadiri KTT G20.

VOA: Bapak Presiden, kita kini berada di Argentina, dan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko telah menandatangani perjanjian dagang yang meng-update NAFTA.”

Presiden Trump : “Ya benar.”

VOA: Salah satu bagian perjanjian itu terkait dengan para pekerja otomotif, suku-cadang. Apakah hal itu secara khusus terkait isu-isu yang dihadapi Amerika dengan penutupan pabrik GM dan 14.000 orang yang kehilangan pekerjaan?

Trump: “Ya benar tetapi bukan itu saja. Ini adalah untuk membuat perusahaan-perusahaan otomotif tidak pindah. Salah satu di antara yang saya inginkan adalah pabrik dan perusahaan otomotif, maksud saya pada umumnya, lowongan kerja, pabrik-pabrik tidak meninggalkan Amerika. Hal itu sangat penting bagi saya, dan kita tidak meninggalkan Amerika Serikat. Jadi saya kira salah satu unsur terkuat dalam perjanjian baru ini dan saya menyebutnya USMCA, salah satu hal yang benar-benar penting adalah anda tidak akan melihat perusahaan-perusahan pindah apabila perjanjian itu ditandatangani. Kita harus memperoleh persetujuan Kongres, dan jika terwujud, yang saya kira akan disetujui, perjanjian itu akan hebat, dan jika tidak disetujui kita sangat puas dengan keadaan yang sekarang ini.

VOA: Seperti yang anda sebut China sebagai salah satu dari negara-negara itu, yang menurut anda, merugikan Amerika, jejak global China kini meluas, mereka sudah berada di Afrika Utara, mereka membangun pelabuhan besar di Pakistan, mereka memperoleh banyak kesepakatan besar - kesepakatan investasi di Panama dan Amerika Latin. Boleh dikatakan sudah berada sangat dekat dengan Amerika, secara geografis. Apakah anda percaya pada tujuan-tujuan strategis China itu? Apakah anda agak khawatir?

Trump: “Ya saya anggap keuangan mereka akan berkurang dibanding dengan yang mereka miliki sekarang, karena kesepakatan yang saya buat, dan jika anda lihat kita sekarang ini punya 250-milyar dolar, pada tingkat 25%. Ini berarti kita akan mendapat bermilyar-milyar dolar, plus saya akan menggandakan jumlah itu, dan kemudian menggandakannya lagi, dan mereka tida akan bisa melakukan apa yang telah mereka lakukan di masa lampau dengan presiden-presiden lainnya, karena dan anda lihat apa yang terjadi dengan China. Saya tidak mau melakukan hal ini, tetapi mereka tidak begitu sukses sekarang ini dibanding dengan apa yang dulu mereka lakukan dan sekali lagi saya anggap mereka tidak begitu sukses."

VOA: Tetapi sebagai salah salah satu poin keamanan nasional, anda tahu, dengan investasi mereka di Amerika Latin dan seluruh dunia, tampaknya mereka kini membuat jejak kaki yang lebih besar di seluruh dunia?”

Presiden AS Donald Trump (kedua dari kanan) bertemu Presiden China Xi Jinping (kiri) di Buenos Aires dalam acara jamuan makan malam, Sabtu (1/12).
Presiden AS Donald Trump (kedua dari kanan) bertemu Presiden China Xi Jinping (kiri) di Buenos Aires dalam acara jamuan makan malam, Sabtu (1/12).

Trump: “Saya tahu, tetapi mereka punya masalah utang dan mereka harus membayar utang itu. Uang yang mereka belanjakan sangat besar. Apa saya suka hal demikian? Barangkali tidak, tetapi saya juga tahu itu sangat mahal bagi mereka, dan banyak di antara tempat-tempat (investasi) mereka tidak berhasil.

VOA: “Anda akan bertemu atau setidaknya mempertimbangkan pertemuan dengan Presiden Putin dan anda telah membatalkanmya. Apakah anda telah bertemu dengan dia, apa agenda anda dengan Presiden (Rusia) tersebut?

Trump: “Ya, baru saja saya bilang bahwa, anda tahu, jujur saja sehubungan dengan apa yang terjadi dengan Ukraina, dengan kapal-kapal itu dan pelaut-pelaut itu, saat ini bukan saat yang tepat, tetapi saya akan bertemu dengan dia. Saya pikir, hubungan kami sangat baik, dan saya pikir kita akan punya hubungan sangat baik dengan Rusia, China, dan dengan siapa saja, Maksud saya, hal itu penting. Jadi saya akan bertemu dengan dia pada waktu yang tepat.”

VOA: Menurut anda yang apa dipikirkannya (Putin) untuk melakukan hal itu terhadap Ukraina? Kenapa mereka (AL Rusia) menangkap pelaut-pelaut dan kapal-kapal (Ukraina) itu?

Trump: “Saya tidak bisa membaca apa yang dipikirkannya, dan tak seroangpun yang bisa, dan tidak tahu apa yang hendak dilakukannya, tetapi kita tidak bisa membiarkan hal-hal tertentu terjadi, anda tahu, hal yang terjadi itu, dan saya tidak mau ikut-ikutan dalam hal itu.

VOA: Salah satu isu-isu ekonomi global adalah perubahan iklim. Hal itu didiskusikan di sini. Apa pendirian anda tentang perubahan iklim dan bagaimana pengaruhnya pada ekonomi sedunia? “

Trump: “Sederhana saja, saya ingin udara terbersih dan air terbersih di planet ini. Saya ingin air sebersih kristal dan itulah yang ada pada kita. Kita telah sangat sukses sehubungan dengan lingkungan hidup dan hal itulah yang saya inginkan. Tetapi saya tidak akan membuat negeri ini merugi bisnisnya dalam upaya mempertahankan standar-standar tertentu yang barangkali tidak perlu dipersoalkan. Kalau kita lihat China, dan kita lihat pula negara-negara lain di mana udara mereka sudah berpolusi, dan masuk ke wilayah Amerika Serikat. Orang enggan membicarakannya, tetapi udara tercemar itu memang masuk ke Amerika. Jadi udara kita nanti akan bersih tetapi udara mereka tidak, dan biayanya sangat mahal untuk membuat udara kita bersih. Faktanya adalah, udara kita bersih mutlak, tetapi kita tidak mau menghabiskan uang trilyunan dolar dan membuat udara bersih untuk orang lain tetapi tida baik bagi kita punya--- anda tahu, kebijakan saya sederhana saja, disebut America First. Pada saat bersamaan, kita akan menjadi salah satu tetangga baik bagi dunia. Tetapi kita harus memperlakukan diri kita secara adil, jadi begitulah seharusnya.

VOA: “Apakah anda menyinggung tentang perubahan iklim kepada Presiden Xi?

Trump: “Kita akan membicarakan tentang hal itu, kita juga akan membicarakan banyak hal lain. Hal besar yang kita akan bicarakan adalah tentang perdagangan, hal itu yang ingin didengarkan orang, dan anda tahu, dia seharusnya melakukan sesuatu tentang iklim negaranya, biarpun sedikit. Tetapi, dan saya yakin ia akan melakukannya. Saya pikir dia adalah seroang teman saya dan orang baik tetapi anda tahu, ada pertengkaran kecil antara kami. Dan sekali lagi negara kita telah dimanfaatkan selama bertahun-tahun dan hal demikian tidak akan terjadi lagi.”

Presiden AS Donald Trump (tengah-depan) berpose bersama para pemimpin negara-negara G20 di Costa Salguero Center, Buenos Aires, Argentina (30/11).
Presiden AS Donald Trump (tengah-depan) berpose bersama para pemimpin negara-negara G20 di Costa Salguero Center, Buenos Aires, Argentina (30/11).

VOA: Baiklah, sekarang, ekonomi dalam negeri kita, pekan depan akan ada kemungkinan pemungutan suara tentang penutupan kantor-kantor pemerintah, Pertama, menurut anda apakah akan terjadi penutupan kantor-kantor pemerintah dan apakah hal itu akan ada dampaknya pada ekonomi global?”

Trump: “Saya tidak bisa memberitahu anda apakah akan ada penutupan kantor-kantor pemerintah karena tak seorangpun yang tahu tetapi saya akan beritahu anda kita harus mempunyai keamanan perbatasan. Kita akan punya keamanan perbatasan yang banyak.. anda lihat apa yang telah kita lakukan tehadap semua kafilah yang berdatangan dan kini mereka mulai keluar, mereka sudah mulai kembali ke negara mereka. Tetapi kita akan punya keamanan. Kita tidak akan membiarkan orang datang ke nagara kita secara ilegal. Kita mau orang datang berdasarkan kualifikasi. Kita perlu orang, anda tahu? Angka pengangguran kita sekarang terendah dalam 50 tahun. Kita perlu orang di negeri ini, banyak perusahaan yang pindah kemari, faktanya Perdana Mentri Jepang Abe baru saja memberitahu saya mereka akan memindahkan dua perusahaan otomotif – mereka akan membuka dua paberik besar, anda tahu, anda tidak sering mendengar kabar seperti itu tetapi banyak hal semacam itu kini terjadi. Anda mendengar tentang General Motors dan saya tidak tahu apa yang terjadi pada General Motors tetapi tren semacam itu adalah yang benar-benar bertolak belakang. Dan saya akan mengatakan sebagai berikut: ekonomi kita tidak pernah sebaik ini. Kita telah mencapai angka-angka yang luar biasa, anda sudah melihatnya. Dan banyak hal bagus kini terjadi." [is]

XS
SM
MD
LG