Tautan-tautan Akses

Wartawan Meksiko Lolos dari Serangan di Cancun


Warga melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Jaksa Agung untuk memrotes pembunuhan dan kekerasan terhadap wartawan Meksiko, 25 Januari 2022 (foto: dok).
Warga melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Jaksa Agung untuk memrotes pembunuhan dan kekerasan terhadap wartawan Meksiko, 25 Januari 2022 (foto: dok).

Kekerasan terhadap wartawan di Meksiko nyaris merenggut korban lagi. Wartawan yang diserang di Cancun, kota resor di Karibia, itu selamat ketika pistol penyerangnya macet.

Dirjen situs berita online CGNoticias, Netzahualcóyotl Cordero García, mengungkapkan bahwa pria itu mengatakan kepadanya Selasa malam di jalan di depan rumahnya, "Saya akan membunuhmu seperti anjing."

Empat wartawan dibunuh di Meksiko pada Januari.

Ketika penyerang Cordero García, 47, mencoba memperbaiki pistol itu, pelurunya jatuh. Garcia langsung bergerak, memukul jatuh orang itu dari sepeda motor. Para tetangga datang membantu García, merebut senjata dan menahan penyerang sampai Garda Nasional tiba untuk menangkapnya.

García mengatakan dia telah menerima ancaman melalui telepon dan pesan sejak bulan lalu. Dia melihat orang asing lewat di depan rumahnya dengan kendaraan abu-abu dan sepeda motor. Jadi, 10 hari sebelum serangan, dia mendaftar ke program federal untuk melindungi jurnalis yang dikenal sebagai "mekanisme" dan diberi tombol panik jika terjadi keadaan darurat.

"Mereka ingin membungkam saya karena pekerjaan jurnalistik saya," katanya, tanpa menyebut siapa yang dia curigai berada di balik serangan itu. "Saya sangat kritis dalam tulisan, dalam wawancara." Dia mengatakan setelah serangan itu, dia meminta pihak berwenang untuk meningkatkan keamanannya.

Kantor kejaksaan negara bagian Quintana Roo telah membuka penyelidikan. [ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG