Tautan-tautan Akses

Warga Rusia Datangi Serbia untuk Dapatkan Vaksin Buatan Barat


Seorang petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 dari Pfizer kepada Vitaly Pavlov dari Rostov-on-Don di sebuah pusat vaksinasi di Belgrade, Serbia, 2 Oktober 2021.

Banyak warga Rusia mendatangi Serbia untuk mendapatkan vaksin COVID-19 yang disetujui negara-negara Barat.

Meski Rusia memiliki vaksin sendiri, yang dikenal sebagai Sputnik V, otoritas kesehatan internasional belum menyetujui penggunaannya.

Itu artinya, warga Rusia yang ingin bepergian dengan bebas harus menunjukkan bukti telah menerima suntikan buatan Barat.

Serbia adalah pilihan yang mudah bagi warga Rusia karena mereka bisa memasuki negara Balkan itu tanpa visa dan karena negara itu menawarkan beberapa pilihan vaksin.

Banyak warga Rusia terlihat di hotel, restoran, bar dan klinik vaksinasi di Ibu Kota Serbia, Belgrade.

Seorang warga Rusia, Nadezhda Pavlova, 54 tahun, mengatakan kepada Associated Press, "Kami mengambil vaksin Pfizer karena kami ingin berkeliling dunia," ujarnya setelah menerima vaksin itu pekan lalu di sebuah pusat vaksinasi di Belgrade.

Menurut Asosiasi Operator Tur Rusia, paket tur vaksinasi bagi warga Rusia yang ingin mendapatkan vaksin yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), dipasarkan sejak pertengahan September. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG