Tautan-tautan Akses

4 Warga Palestina Tewas, Puluhan Luka-luka dalam Bentrokan dengan Pasukan Israel


Warga Palestina melakukan aksi unjuk rasa memrotes blokade Israel di Gaza City, dekat perbatasan Israel, hari Jumat (26/10).
Warga Palestina melakukan aksi unjuk rasa memrotes blokade Israel di Gaza City, dekat perbatasan Israel, hari Jumat (26/10).

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan, sedikitnya empat orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam bentrokan dengan pasukan Israel di perbatasan hari Jumat (26/10).

Tentara Israel mengatakan, serangan udara diarahkan pada tiga posisi Hamas, kelompok militan yang menguasai Jalur Gaza.

Israel mengatakan, ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan Gaza dan Israel hari Jumat sambil melemparkan bom-bom botol dan batu ke arah tentara Israel. Aksi protes seperti itu telah berlangsung sejak tanggal 30 Maret karena Palestina minta supaya Israel menghentikan blokadenya atas Jalur Gaza.

Hari Kamis, pelapor khusus PBB mengatakan pada komisi Sidang Umum bahwa blokade itu telah mengakibatkan Jalur Gaza tidak layak huni. Pelapor itu, Michael Lynk mengatakan tingkat pengangguran dikalangan pemuda mencapai 70 persen, sistem layanan kesehatan tidak berfungsi, dan sebagian besar jaringan air minum tercemar.

Kata Lynk lagi, 200 orang warga Palestina, termasuk 40 anak-anak tewas dibunuh tentara Israel dalam aksi-aksi protes tiap hari Jumat sejak akhir bulan Maret.

Ia mengatakan sudah tiba saatnya masyarakat internasional bertindak untuk menghentikan pencaplokan wilayah Palestina di tepi Barat. [ii]

XS
SM
MD
LG