Tautan-tautan Akses

Warga Nepal Capai 14 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia dalam 6 Bulan


Nirmal Purja, dalam konferensi pers di Kathmandu, Nepal, 28 Mei 2019. (Foto: dok).

Seorang pendaki gunung Nepal menjadi orang tercepat yang mencapai puncak 14 gunung tertinggi di dunia. Ia mendaki semua gunung itu hanya dalam waktu enam bulan.

“MISI TERCAPAI!” tulis Nirmal Purja di akun Twitter-nya, Selasa (29/10). Purja sekaligus mengumumkan ia dan timnya telah mencapai puncak Gunung Shishapangma di wilayah Tibet yang dikuasai China. Gunung ini adalah target terakhir Project Possible, rencana ambisius Purja untuk mendaki semua gunung di dunia yang ketinggiannya lebih dari 8.000 meter.

Upaya pendaki berusia 36 tahun itu dimulai pada April lalu, sewaktu ia mendaki Gunung Annapurna dan Dhaulagiri di Nepal, disusul Gunung Kangchenjunga, Everest, Lhotse dan Makalu di kawasan Himalaya dalam waktu satu bulan.

Purja kemudian ke Pakistan pada Juli lalu untuk mendaki Nanga Parbat, Gasherbrum I, Gasherbrum II, K2 dan Broad Peak. Ia kemudian kembali ke Nepal pada September lalu, untuk mencapai puncak Cho Oyu dan Manaslu, keduanya dalam waktu sepekan.

Pencapaian Purja itu memecahkan rekor pendakian tercepat 14 puncak tertinggi. Rekor sebelumnya dipegang oleh pendaki gunung Korea Selatan, mendiang Kim Chang-ho, yang menuntaskan pendakian gunung berketinggian lebih dari 8.000 meter dalam tujuh tahun, 10 bulan dan 14 hari, dengan puncak terakhir berhasil didaki Kim pada tahun 2013.

Purja adalah mantan anggota Gurkha, unit pasukan khusus Inggris yang beranggotakan orang-orang Nepal. [uh/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG