Tautan-tautan Akses

Warga Hong Kong Lakukan Aksi Protes secara Damai


Para pengunjuk rasa berkumpul di Victoria Park, Hong Kong, 18 Agustus 2019.
Para pengunjuk rasa berkumpul di Victoria Park, Hong Kong, 18 Agustus 2019.

Puluhan ribu demonstran pro-demokrasi berarak-arakan secara damai melalui jalan-jalan Hong Kong pada hari Minggu, pekan ke-11 dalam serangkaian protes anti-pemerintah.

Front Hak Asasi Manusia Sipil, kekuatan pendorong di belakang protes Hong Kong sepanjang musim panas ini, telah menyerukan demonstrasi “rasional, tanpa kekerasan” pada hari Minggu. Para pengunjuk rasa sebelumnya bentrok dengan polisi di jalan-jalan dalam protes akhir pekan lainnya dan selama dua hari pekan lalu di bandara internasional Hong Kong, yang menyebabkan pembatalan hampir 1.000 penerbangan.

Menjelang unjuk rasa hari Minggu (18/8), Kanada mengeluarkan pernyataan bersama dengan Uni Eropa untuk membela “hak fundamental untuk berkumpul” bagi warga Hong Kong.

Menteri Luar Negeri Kanada, Chyrstia Freeland dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan: “Kebebasan mendasar, termasuk hak untuk berkumpul secara damai harus terus ditegakkan.”

Sebagai reaksi, Kedutaan Besar China di Ottawa menerbitkan pernyataan di situs webnya, mengatakan bahwa Kanada harus “segera berhenti mencampuri urusan Hong Kong dan urusan dalam negeri China.”

Sementara itu, Taiwan telah menawarkan pemberian suaka politik kepada para peserta gerakan pro-demokrasi Hong Kong, tawaran yang juga telah membuat marah China. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG