Tautan-tautan Akses

AS

Warga AS yang Terbagi, Temukan Persatuan dalam Liburan 4 Juli

  • Arash Arabasadi

Perayaan Kemerdekaan ke-241 Amerika Serikat di Washington DC, 4 Juli 2017. (Foto: VOA Video/Screengrab)

Warga Amerika merayakan Ulang Tahun Amerika Serikat setiap tahun pada tanggal 4 Juli. Hari libur nasional, yang berarti kebanyakan orang memiliki hari libur kerja. Ada perayaan publik di mana-mana, dan langit malam semarak dengan kemeriahan pesta kembang api. Reporter VOA Arash Arabasadi meminta pendapat masyarakat di National Mall di Washington untuk mengucapkan selamat ulang tahun bagi Amerika, dan menanyakan apa rencana mereka untuk merayakannya tahun ini.

Sejak pagi, sejumlah wilayah ibukota Washington DC, sudah diamankan untuk perayaan Hari Kemerdekaan yang paling ditunggu. Kembang api memang tradisi hari di mana Amerika merebut kemerdekaan dari Inggris. Kini, di usianya yang hampir dua setengah abad, perpecahan politik melanda bangsa ini. Perayaan 4 Juli di ibukota Amerika Serikat, dipusatkan di alun-alun "The Mall", tak jauh dari Gedung Kongres.

Dalam beberapa jam lagi, lapangan The Mall ini akan padat manusia yang menonton pertunjukan kembang api dan perayaan lainnya. Hari Kemerdekaan merupakan perayaan "The American Dream" atau impian Amerika, namun di tengah pengetatan kebijakan imigrasi Presiden Trump, banyak imigran Amerika yang kuatir.

Sejumlah tokoh agama mencemaskan nasib jemaah mereka yang tak memiliki izin tinggal.

"Status mereka tidak beres, dan hal yang sangat menakutkan bagi saya, dan bagi banyak orang di sini, adalah anak-anak pergi ke sekolah dan pulang ke rumah dan ibu atau ayah, atau keduanya, mungkin telah ditangkap," kata Ben Leese, pastur dari Gereja Holy Trinity Lutheran.

Beruntunglah mereka yang bisa melalui proses naturalisasi. Setiap tahun sekitar 4 Juli, lebih dari 15 ribu disumpah menjadi warga negara, termasuk Sara Estrada asal Colombia.

"Saya sangat senang dan saya merasa sangat bahagia!," kata Sara Arlett Estrada, siswa kelas 7 SD.

Terlepas dari berbagai masalah bangsa ini, warga tetap menyambut perayaan kemerdekaan 4 Juli dan mensyukuri nilai-nilai dasar bangsa ini.

"Saya mendapat cuti, jadi saya akan menganggapnya sebagai ucapan selamat ulang tahun! Hari libur ... untuk bersantai. Jadi, ya!,"

"Saya percaya prinsip-prinsip negara merdeka tetap berlaku, dan Anda akan memiliki apa yang Anda bayangkan dan apa yang Anda capai yang selalu Anda capai. Itu membuat bangsa ini begitu istimewa," kata Shekhar Botcha, penduduk New Jersey.

Tahun 2017 ini, Amerika Serikat merayakan HUT yang ke 241. [pw/eis]

XS
SM
MD
LG