Tautan-tautan Akses

Warga AS yang Dibebaskan oleh Korea Utara Tiba di Amerika


한국 서울 봉은사에서 다음달 14일 석가탄신일을 앞두고 화려한 연등을 달았다.
한국 서울 봉은사에서 다음달 14일 석가탄신일을 앞두고 화려한 연등을 달았다.

Dua warga Amerika yang dibebaskan oleh Korea Utara telah tiba di Amerika dengan selamat.

Kenneth Bae dan Matthew Todd Miller telah menjalani hukuman panjang, ketika Direktur Intelijen Nasional Amerika James Clapper pergi ke Korea Utara untuk mengupayakan pembebasan mereka.

Bae bertemu dengan ibunya Myunghee Bae dan para kerabatnya di sebuah pangkalan militer di negara bagian Washington.

Bae telah dihukum sejak tahun 2012 dengan vonis bersalah melakukan kegiatan anti-pemerintah ketika dia memimpin sekelompok wisatawan ke Korea Utara.

Ketika ditanya bagaimana perasaannya, Bae mengatakan sudah mulai pulih dan berterima kasih kepada Presiden Amerika Barack Obama dan banyak orang lain yang mengusahakan pembebasannya.

Matthew Miller juga disambut oleh keluarganya. Dia telah berada di penjara Korea Utara sejak bulan April karena merobek visa turis di bandara Pyongyang.

Keadaan yang pasti mengenai pembebasan kedua warga Amerika itu atau dengan siapa Clapper bertemu sejauh ini tidak jelas.

Sebelum Bae dan Miller pulang ke Amerika, Presiden Obama berbicara mengenai pembebasan mereka. Departemen Luar Negeri Amerika juga berterima kasih kepada Swedia, yang mewakili kepentingan Amerika di Korea Utara, dan mengulangi peringatannya kepada warga Amerika agar tidak melakukan perjalanan ke Korea Utara.

XS
SM
MD
LG