Tautan-tautan Akses

Warga AS Minta NASA Fokus pada Asteroid, Bukan Bulan


Pesawat milik Alaska Airlines terbang melintas di depan bulan purnama di Phoenix, 21 Februari 2016.

Orang Amerika lebih suka jika Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) memantau secara cermat asteroid dan komet yang bisa menabrak Bumi daripada mengirim antariksawan ke Bulan atau Mars.

Hasil jajak pendapat Associated Press-NORC Center for Public Affairs yang dirilis pada Kamis (20/6) menunjukkan, dua pertiga responden mengatakan memantau asteroid, komet, dan "peristiwa lain di antariksa yang bisa berpengaruh pada Bumi, sangat penting."

Orang Amerika juga menginginkan NASA melakukan lebih banyak penelitian supaya kita semakin paham tentang Bumi, sistem tata surya, dan alam semesta. Tetapi sekali lagi responden mengatakan mereka menginginkan NASA melakukan penelitian menggunakan robot, bukan antariksawan.

Toni Dewey, pensiunan karyawan, usia 71 tahun, di Wilmington, Nort Carolina mengatakan kepada kantor berita Associated Press dalam wawancara bahwa mesin, bukan manusia, seharusnya menjadi penjelajah. Dewey juga tidak terlalu bersemangat untuk misi kembali menjelajah Bulan. Kata Dewey: "Kita pernah ke sana."

Faktanya, hanya 23 persen dari peserta survei yang berpendapat Amerika seharusnya kembali ke bulan dan hanya 27 persen memilih misi berawak ke Mars.

Jajak pendapat itu dilakukan ketika Gedung Putih memperbarui upaya-upaya untuk misi pendaratan pesawat antariksa berawak. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG