Tautan-tautan Akses

Warga AS Kabur dari Penjara Pengadilan Thailand


Seorang petugas tengah berjaga di depan penjara Bangkwan, provinsi Nonthburi. (Foto: dok).
Seorang petugas tengah berjaga di depan penjara Bangkwan, provinsi Nonthburi. (Foto: dok).

Sejumlah pejabat penjara di Thailand mengatakan, pria Amerika termasuk di antara tiga tahanan yang kabur dari sebuah pengadilan di Pattaya, Thailand Timur.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Departemen Urusan Penjara menyebutkan, ketiga orang itu, dalam keadaan terbelenggu saat melarikan diri, Senin (4/11). Mereka melarikan diri sewaktu dipindahkan dari penjara pengadilan ke ruang pengadilan.

Rekaman kamera CCTV menunjukkan, satu di antara tersangka menikam seorang penjaga yang berusaha menghalangi mereka, sementara seorang lainnya mengacungkan pistol ke penjaga lainnya untuk merebut kunci yang memungkinkan mereka lari ke tempat terbuka di mana sebuah truk pickup menunggu untuk membawa mereka kabur.

Media Thailand melaporkan, Selasa (5/11), penjaga yang terluka diperkirakan akan pulih. The Bangkok Post mengatakan, dua orang yang diduga membantu para tersangka itu melarikan diri telah ditangkap.

Pria Amerika itu diidentifikasi sebagai Bart Allen Helmus yang berusia 40 tahun. Ia, bersama kekasihnya, perempuan Thailand, dan seorang teman pria lain yang juga warga Thailand menghadapi dakwaan terkait narkoba yang bisa dikenai hukuman mati. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG