Tautan-tautan Akses

Warga AS Dituduh Beri Bantuan bagi Kelompok Teroris Somalia


Zachary Chesser, 20 tahun, dituduh berusaha bergabung dengan kelompok militan al-Shabab yang berbasis di Somalia.

Seorang pria Amerika yang dituduh berusaha bergabung dengan sebuah kelompok militan yang berbasis di Somalia akan hadir di pengadilan untuk sidang penahanannya hari ini dekat Washington.

Zachary Chesser yang berusia 20 tahun itu memohon diberikan seorang pembela, yang ditunjuk oleh pengadilan pada kehadiran awalnya di pengadilan kemarin. Chesser dituduh memberi bantuan materi kepada al-Shabab, organisasi Islamis radikal yang berhubungan dengan al-Qaida yang berusaha menggulingkan pemerintah Somalia yang lemah dan didukung internasional.

Chesser telah ditahan sejak ditangkap pada hari Rabu.

Pihak berwenang Amerika mengatakan Chesser, yang juga dikenal dengan nama Abu Talhah Al-Amrikee, dilarang menaiki pesawat tanggal 10 Juli dari New York ke Uganda dan diberitahu bahwa ia termasuk dalam daftar orang-orang yang dilarang terbang oleh pemerintah.

Pria asal negara bagian Virginia itu kabarnya memberitahu pejabat AS bahwa ia sudah dua kali berusaha bepergian ke Somalia untuk bergabung dengan al-Shabab, termasuk tanggal 10 Juli ketika ia dituduh menggunakan puteranya yang masih bayi sebagai kedok supaya kurang mencurigakan.

Departemen Luar Negeri Amerika memasukkan al-Shabab ke dalam daftar organisasi teroris pada tahun 2008.

XS
SM
MD
LG