Tautan-tautan Akses

Warga AS dengan Paspor Kedaluwarsa Boleh Kembali


Seorang pria menunjukkan paspor Amerika di pusat pelaporan di Islamabad, Pakistan, 29 Juli 2010.
Seorang pria menunjukkan paspor Amerika di pusat pelaporan di Islamabad, Pakistan, 29 Juli 2010.

Pemerintahan Biden mengatakan banyak warga Amerika Serikat (AS) yang memegang paspor Amerika yang baru saja habis masa berlakunya akan diizinkan pulang dari luar negeri dengan dokumen itu hingga akhir tahun.

Mengutip penundaan dalam pembaruan paspor akibat pandemi virus corona, Departemen Luar Negeri mengatakan paspor tertentu yang kedaluwarsa pada atau setelah 1 Januari 2021, akan dibolehkan kembali ke AS hingga 31 Desember. Pandemi memaksa departemen dan sebagian besar kedutaan dan konsulat tutup atau mengurangi layanan paspor.

"Ini kesempatan untuk pulang tanpa singgah dan tidak benar-benar keluar dari Amerika lagi sampai paspor diperbarui, yang bisa memakan waktu lama," kata Gary Leff, penulis industri perjalanan. Umumnya paspor Amerika berlaku untuk 10 tahun.

Penutupan fasilitas, konsulat serta kedutaan besar Amerika di luar negeri mengakibatkan waktu tunggu lebih dari dua bulan dalam beberapa kasus untuk memperbarui paspor. Namun, departemen itu memperingatkan, paspor yang kedaluwarsa baru-baru ini tidak berlaku untuk perjalanan internasional dari Amerika atau untuk perjalanan antara negara ketiga yang tidak secara langsung terkait perjalanan pulang ke Amerika.

Dengan vaksinasi virus corona, lebih banyak orang Amerika juga membuat rencana bepergian ke luar negeri, tetapi Leff mengatakan pelancong internasional bisa mengalami masalah lain di luar paspor yang kedaluwarsa.[ka/ft]

XS
SM
MD
LG