Tautan-tautan Akses

AS

Wapres Pence Klaim Jumlah Korban Meninggal Covid-19 Terendah


Wakil Presiden Mike Pence (kedua dari kiri) berjalan ke panggung saat pengarahan tentang pandemi virus corona di Washington, 26 Juni 2020.

Di tengah-tengah keprihatinan di kalangan Gugus Tugas Virus Corona Gedung Putih yang dipimpinnya, Wakil Presiden Mike Pence menekankan hal-hal positifnya.

“Korban tewas terendah sejak Maret,” kata Pence kepada reporter pada Selasa (30/6), ketika berkunjung ke markas besar US Public Health Services.

“Kita berada dalam posisi jauh lebih baik dibandingkan empat bulan yang lalu, malahan dua bulan yang lalu.”

Namun jumlah kasus virus corona terus meningkat, di Texas pada Selasa (30/6), kasusnya mencapai 6.975. Menurut Dinas Kesehatan Texas ini adalah peningkatan satu hari terbesar sejak dimulainya pandemik tersebut.

Dokter Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan, dia sangat prihatin dengan peningkatan kasus virus corona di AS.

Katanya, “kita kini mencapai 40 ribu kasus baru per hari,” ketika berbicara di hadapan Komite Senat untuk Kesehatan, Pendidikan, dan Tenaga Kerja.

“Saya tidak heran kalau kita bisa mencapai 100 ribu kasus per hari kalau gelombang ini tidak menurun. Jadi saya sangat prihatin.”

Sementara sekolah bersiap-siap untuk buka kembali pada Agustus dan September, Fauci mengatakan, vaksinnya belum akan tersedia.

“Bekerja sama dengan perusahaan dan investasi yang dilakukan Kongres, harapannya akan ada dosis tersedia pada permulaan tahun depan," kata Fauci, yang juga anggota gugus tugas virus corona.

Ketua komite Senat ini, Senator Lamar Alexander, menekankan pentingnya membuka kembali sekolah dan menyerukan kepada Presiden Donald Trump dan publik agar mengenakan masker guna membantu mencegah peningkatan lebih lanjut dari penyebaran Covid-19 ini. [jm/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG