Tautan-tautan Akses

AS

Wapres AS Serukan agar Venezuela Bebaskan Pekerja AS


Wapres AS, Mike Pence, menyimak di Kantor Sermonial Wapres di lingkungan Gedung Putih dalam sebuah pertemuan dengan anggota keluarga eksekutif Citgo yang ditahan di Venezuela, 2 April 2019 (foto: AP Photo/Susan Walsh)

Wakil Presiden AS, Mike Pence meminta agar Venezuela segera membebaskan enam eksekutif minyak Amerika yang dipenjara selama setahun lebih tanpa pengadilan.

Pence mengatakan lima warga AS dan seorang penduduk tetap AS "secara tidak sah ditahan" oleh Presiden Nicolas Maduro. Tetapi Pence juga mengatakan kecil kemungkinan mereka segera dibebaskan sampai Maduro tidak lagi memerintah Venezuela.

Pence berkomentar demikian Selasa ketika bertemu dengan kerabat enam orang yang ditahan itu di Gedung Putih. Ke enam orang itu bekerja untuk Citgo, anak perusahaan raksasa minyak Venezuela, PDVSA yang berbasis di Houston, AS.

Mereka ditangkap pada November 2017 atas tuduhan penggelapan setelah dipanggil ke Caracas untuk pertemuan mendadak. Amerika dan puluhan negara lainnya mendukung klaim pemimpin oposisi Juan Guaido bahwa pemilihan kembali Maduro tahun lalu tidak sah. [my]

XS
SM
MD
LG