Tautan-tautan Akses

Wali Kota Bogota Berjanji Perangi Rasisme dan Xenofobia


Wali Kota Bogota yang baru, Claudia Lopez, berpidato dalam upacara pelantikan di Taman Simon Bolivar di Bogota, Kolombia, 1 Januari 2020.

Claudia Lopez dilantik menjadi Wali Kota Bogota pada Rabu (1/1/2020). Ia menjanjikan kepemimpinan di ibu kota yang bermasalah itu dan bertekad melawan "rasisme, perbedaan kelas dan xenofobia."

Dilansir oleh kantor berita AFP, Lopez, yang menjadi wali kota perempuan pertama di kota itu, menikahi pasangan sesama jenis bulan lalu. Politisi kiri tengah itu mengambil alih kepemimpinan kota yang menjadi pusat protes di seluruh negeri menentang pemerintahan Presiden sayap kanan, Ivan Duque.

Perempuan berusia 49 tahun itu mendobrak tradisi dengan menggelar acara pelantikan di taman kota Simon Bolivar, dihadiri ratusan orang.

Terpilihnya Lopez Oktober lalu menjadi salah satu dari rangkaian kemunduran bagi Partai Tengah Demokratik pimpinan Duque yang berkuasa, yang kehilangan kendali atas beberapa kota besar, dan banyak yang melihat Lopez akan menantang kepresidenan Duque.

Dengan tujuh juta penduduk, Ibu Kota Kolombia selama ini menjadi pusat rangkaian protes massal menentang pemerintahan Duque yang mengguncang negara itu selama enam pekan ini.

Di kota itu terdapat seperempat dari 1,6 juta migran yang lari dari krisis ekonomi di Venezuela untuk berlindung di Kolombia. [ka/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG