Tautan-tautan Akses

Wakil Pemerintah, Oposisi Venezuela Lakukan Pembicaraan di Norwegia


Wakil-wakil pemerintah Venezuela dan oposisi berada di Norwegia untuk melakukan pembicaraan dalam upaya menyelesaikan krisis politik dan ekonomi. negara tersebut. (Foto: ilustrasi)

Wakil-wakil pemerintah Venezuela dan oposisi berada di Norwegia untuk melakukan pembicaraan, guna menyelesaikan kebuntuan yang membuat negara di Amerika Selatan itu terperosok ke dalam krisis politik dan ekonomi.

Para pejabat Venezuela menyatakan Menteri Informasi Jorge Rodriguez mewakili Presiden Nicolas Maduro, sedangkan legislator Stalin Gonzalez memimpin delegasi oposisi.

Dalam pidato yang ditayangkan televisi hari Rabu (15/5), Presiden Maduro mengatakan Rodriguez sedang berada dalam “misi sangat penting” di luar negeri. Tetapi ia tidak memberikan rinciannya.

Perundingan di Norwegia itu dilakukan setelah militer tidak memenuhi imbauan pemimpin oposisi Juan Guaido pada 30 April lalu agar mereka bangkit melawan Maduro. Guaido, ketua Majelis Nasional, mendeklarasikan diri sebagai presiden awal tahun ini setelah badan legislatif yang mayoritas anggotanya adalah oposisi menyatakan bahwa Maduro memenangkan lagi masa jabatan berikutnya dalam pemilu yang diliputi kecurangan.

Amerika Serikat dan sekitar 50 negara lainnya mengakui Guaido sebagai presiden Venezuela yang sah. Venezuela membuat Amerika Serikat berselisih dengan Rusia, yang memasok peralatan militer ke rezim Maduro, dan Kuba, yang oleh Amerika dituduh menempatkan pasukan pro-Maduro di Venezuela.

Juga Rabu (15/5), Amerika Serikat telah menghentikan semua penerbangan komersial antara Amerika Serikat dan Venezuela.

Menteri Transportasi Elaine Chao mengatakan ia, bersama dengan menteri luar negeri dan menteri keamanan dalam negeri, telah menetapkan bahwa kondisi yang ada sekarang ini di Venezuela telah mengancam keselamatan atau keamanan para penumpang, pesawat atau awak pesawat.

Banyak maskapai penerbangan internasional, termasuk maskapai Amerika, telah berhenti terbang dari dan ke Venezuela karena pergolakan politik di negara itu. [uh]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG