Tautan-tautan Akses

Wakil Kanselir Jerman Tak Calonkan Diri dalam Pemilu Mendatang


Wakil Kanselir Jerman, Sigmar Gabriel (foto: dok).

Sigmar Gabriel yang berhaluan Demokrat Sosial Jerman mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri dan menantang Kanselir Angela Merkel dalam pemilihan nasional 24 September mendatang.

Berita yang mengejutkan itu dilaporkan Selasa (24/1) oleh berbagai surat kabar Jerman akan mengarah pada pemilihan yang hasilnya sulit untuk diramalkan. Saat ini, partai Merkel unggul atas Partai Demokrat Sosial atau SPD.

Gabriel, yang saat ini menjabat sebagai wakil kanselir dan menteri perekonomian mengatakan kepada majalah STERN, “Kalau saya mencalonkan diri, saya akan gagal dan SPD akan gagal bersama saya”.

Gabriel juga mengumumkan dia akan merekomendasikan mantan Presiden Parlemen Eropa

Martin Schults agar memimpin SPD dan mencalonkan diri untuk menantang Merkel yang berjuang untuk meraih masa jabatan keempat sebagai Kanselir Jerman.

Meskipun Gabriel mengacu pada jajak pendapat yang menunjukkan Schulz adalah kandidat yang lebih populer, Schulz tetap menghadapi tantangan berat dari Merkel, yang partainya tetap mendapat dukungan yang tinggi meskipun ada keraguan tentang sikapnya yang liberal mengenai isu pengungsi. [sp]

XS
SM
MD
LG