Tautan-tautan Akses

Wakil Direktur Dinas Intelijen Nasional Mundur


Wakil Direktur Dinas Intelijen Nasional Sue Gordon. (Foto: Kantor Direktur Intelijen Nasional via AP)
Wakil Direktur Dinas Intelijen Nasional Sue Gordon. (Foto: Kantor Direktur Intelijen Nasional via AP)

Presiden AS Donald Trump, Kamis (8/8), mengumumkan, Wakil Direktur Dinas Intelijen Nasional Sue Gordon akan segera mengundurkan diri. Ini adalah perkembangan terbaru dalam krisis yang melanda badan-badan intelijen dan mata-mata Amerika, kantor berita AFP melaporkan.

Sue Gordon bekerja lebih dari 25 tahun dalam Dinas Intelijen Pusat Amerika atau CIA, sebelum menjadi wakil direktur Badan Intelijen Nasional yang dipimpin oleh Dan Coats.

Dan Coats mengumumkan ia akan berhenti mulai 15 Agustus ini, dan Trump mengatakan, Sue Gordon juga akan berhenti pada tanggal yang sama.

Tapi beberapa menit kemudian, Trump mengunggah twit bahwa ia akan menunjuk Joseph Maguire, pensiunan laksamana muda yang kini menjabat sebagai Direktur Pusat Kontra Terorisme Nasional, sebagai pengganti Gordon.

Pengunduran diri seorang pejabat dinas intelijen yang berpengalaman dan berpikiran independen dianggap banyak orang sebagai pukulan bagi masyarakat intelijen Amerika yang sedang resah karena akan berhentinya Dan Coats.

Gordon mendapat dukungan dari kedua partai dalam Kongres, tapi para pengecam mengatakan Trump curiga pada pejabat-pejabat karier dalam pemerintahannya, karena berharap bisa menunjuk orang-orang pilihannya sendiri.

Wakil ketua Komite Intelijen dalam Senat, Mark Warner, mengatakan keluarnya Sue Gordon merupakan “kerugian besar bagi masyarakat intelijen Amerika.”

Dan Coats sering berbeda pendapat dengan Presiden Trump dalam banyak hal sebagai direktur Badan Intelijen Nasional yang mengatasi 15 dinas intelijen Amerika lainnya. [ii/ft]

XS
SM
MD
LG