Tautan-tautan Akses

Wahana Nirawak India Ditemukan di Permukaan Bulan


Para wartawan India meliput perkembangan pendarat bulan Vikram dari fasilitas Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) di Bangalore, 6 September 2019. (Foto: AFP)

Badan antariksa India mengatakan telah menemukan satelit yang dikhawatirkan hilang ketika melakukan pendekatan terakhir ke permukaan bulan pada akhir pekan lalu.

Pendarat Vikram berada hanya dua kilometer di atas Kutub Selatan bulan, Sabtu (7/9) ketika pengendali darat kehilangan kontak dengan pesawat antariksa itu. Organisasi Penelitian Antariksa India hari Selasa (10/9) mengatakan, wahana penjelajah Chandrayaan-2 telah menemukan pendarat itu di permukaan bulan, tetapi belum melakukan komunikasi dengan wahana itu, yang dinamai Vikram Sarabhai, ilmuwan yang dianggap sebagai “bapak” program antariksa India.

Jika pesawat itu mendarat dalam keadaan utuh, India akan menyusul Amerika Serikat, Rusia, dan China sebagai negara-negara yang mencapai pendaratan lembut pesawat ruang angkasa di bulan. India juga akan menjadi negara pertama yang mencoba pendaratan terkendali di Kutub Selatan bulan.

Chandrayaan-2 adalah lompatan besar dari penjelajahan antariksa India sebelumnya, seperti misi pertama ke bulan pada 2008 dan misi ke Mars pada 2013 yang melibatkan pengiriman wahana antariksa ke Planet Merah itu. [lt/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG