Tautan-tautan Akses

Wabah Virus Corona Kian Memburuk di New Delhi


Seorang petugas kesehatan mencatat nama seseorang sebelum ia dites Covid-19 di New Delhi, India, Kamis, 8 Oktober 2020. India adalah negara kedua yang paling banyak terkena virus Ccorona di dunia setelah Amerika Serikat. (Foto: AP/Altaf Qadri)

Jumlah kasus virus corona di India melonjak secara signifikan. Pada Kamis (5/11), India menemukan lebih dari 50 ribu kasus.

Kementerian Kesehatan melaporkan 704 kematian dalam 24 jam terakhir sehingga meningkatkan jumlah kematian total di berbagai penjuru negara itu menjadi 124.315 sejak wabah merebak.

New Delhi membukukan rekor baru dalam pertambahan kasus. Ibu kota India ini melaporkan 6.842 kasus baru dalam 24 jam terakhir. New Delhi saat ini memiliki lebih dari 37 ribu kasus aktif.

Kementerian Kesehatan mengaitkan lonjakan di New Delhi dengan berlangsungnya berbagai festival keagaaman. Kementerian itu memperingatkan bahwa situasinya akan memburuk karena orang-orang memenuhi pasar-pasar untuk berbelanja berbagai kebutuhan festival-festival itu.

Lonjakan kasus di New Delhi terjadi sementara India menghadapi musim dingin. Pakar kesehatan khawatir, suhu udara rendah dan tingginya tingkat polusi akan memperburuk wabah virus corona.

Dengan 8,3 juta kasus virus corona yang telah dikonfirmasi, India adalah negara terparah kedua setelah Amerika Serikat.

Banyak pakar memperkirakan, jumlah kasus virus corona di India jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan pihak berwenang, mengingat masih rendahnya laju pengetesan virus dan usaha pelacakan kasus. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG