Tautan-tautan Akses

VW Akan Tarik Kembali Jutaan Kendaraan di China Karena Kantung Udara Takata


Pengunjung melewati kantor Takata Corp. (Foto:do)

Volkswagen AG dan mitra usaha patungannya, FAW-Volkswagen dan SAIC Volkswagen akan menarik kembali 4,86 juta kendaraan di China karena kantung udara pengamanan buatan Takata berpotensi menimbulkan masalah. Penarikan ini hantaman bagi pembuat mobil di pasar otomotif terbesar di dunia.

Penarikan ini terjadi setelah awal tahun ini, badan pengawas China meminta pembuat mobil asal Jerman ini, serta General Motors dan Daimler AG - pembuat Mercedes-Benz untuk menarik kendaraan mereka yang dilengkapi kantung udara pengaman buatan Takata.

Data resmi pemerintah China menunjukkan, lebih dari 20 juta kendaraan di China memiliki kantung udara buatan Takata yang telah dihubungkan dengan 16 kasus kematian dan 180 kasus cedera di seluruh dunia. Kantung udara buatan Takata berpotensi meledak dengan kekuatan yang sangat kuat dan menyemburkan serpihan-serpihan tajam.

Kerusakan ini telah memicu penarikan kendaraan dari pasaran yang terbesar dalam sejarah industri otomotif dan menyebabkan kebangkrutan perusahaan Jepang ini.

Volkswagen dalam pernyataan melalui email kepada Reuters Kamis (14/9) mengatakan bahwa setelah serangkaian diskusi, pejabat berwenang China menyimpulkan kerusakan bisa terjadi di kasus-kasus langka ketika kantung udara dikeluarkan, "yang bisa menimbulkan potensi risiko keselamatan."

"Berdasarkan saran dari otoritas keselamatan China, Grup Volkswagen China membuat keputusan penarikan ini."

Perusahaan ini mengatakan belum menerima laporan mengenai masalah-masalah yang mempengaruhi kendaraan buatannya di seluruh dunia dan analisis mengenai bagian-bagian kendaraan menunjukkan, pengembang kantung udara buatan Takata - yang dicurigai menyebabkan kerusakan - berada dalam kondisi normal.

Badan Administrasi Umum untuk Pengawasan Kualitas, Inspeksi dan Karantina dalam pernyataannya mengatakan bahwa VW China akan menarik 103.573 kendaraan, FAW-Volkswagen akan menarik 2,35 juta kendaraan dan SAIC Volkswagen 2,4 juta kendaraan.

Penarikan ini akan berlangsung sejak Maret tahun depan hingga 2019.

Volkswagen mengatakan perusahaan dan mitra akan menyediakan penggantian kantung udara secara gratis untuk kendaraan-kendaraan yang ditarik kembali. [fw/au]

XS
SM
MD
LG