Tautan-tautan Akses

Vietnam Terima Jenazah Korban Truk Inggris


Seorang pendeta Katolik Anthony Dang Huu Nam memegang lilin saat doa bersama untuk 39 orang Vietnam yang ditemukan tewas di belakang sebuah truk dekat London, Inggris. Doa tersebut dilakukan di paroki My Khanh, Nghe An, Vietnam 26 Oktober 2019. (Foto: Reuters/Kham)

Sebanyak 39 orang Vietnam yang ditemukan tewas dalam sebuah truk di dekat London bulan lalu telah dibawa ke Vietnam. Tragedi tersebut merupakah sebuah kisah tragis yang telah menghancurkan komunitas pedesaan di negara Asia Tenggara itu.

Sisa jenazah 23 korban tiba di Bandara Noi Bai di Hanoi pada Sabtu pagi (30/11), kata seorang pejabat pemerintah setempat. Tujuh mayat dikremasi di Inggris sebelum dipulangkan, kata kantor berita resmi Vietnam.

Sebanyak enam belas jazad pertama telah dipulangkan pada hari Rabu ke kota asal mereka di Vietnam. Mereka diterima oleh kerabat dan teman yang memegang mawar putih.

Penemuan jenazah di belakang sebuah truk berpendingin, setelah diselundupkan ke Inggris, telah menyoroti masalah perdagangan gelap. Perdagangan tersebut mengirimkan orang miskin asal Asia, Afrika dan Timur Tengah ke negara Barat melalui sebuah perjalanan yang berbahaya.

Polisi di Vietnam telah menangkap 10 orang sehubungan dengan kematian tersebut. Pada hari Senin, pengemudi truk Inggris juga telah mengakuinya aksinya dalam membantu imigran ilegal. [ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG