Tautan-tautan Akses

Vietnam Kecam China Atas Pembangunan Mercusuar di Laut China Selatan


Kapal pengeruk China terlihat di perairan sekitar Mischief Reef di Kepulauan Spratly yang disengketakan di Laut China Selatan, 21 Mei 2015.
Kapal pengeruk China terlihat di perairan sekitar Mischief Reef di Kepulauan Spratly yang disengketakan di Laut China Selatan, 21 Mei 2015.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan, pembangunan tersebut merupakan pelanggaran kedaulatan serius, mempersulit keadaan dan meningkatkan ketegangan.

Vietnam hari Rabu (14/10) mengecam China atas pembangunan dua mercusuar di Laut China Selatan yang disengketakan, dengan mengatakan tindakan itu melanggar kedaulatan Vietnam dan meningkatkan ketegangan.

Media pemerintah China, Xinhua, melaporkan pekan lalu bahwa upacara penyelesaian berlangsung untuk mercusuar di Cuateron Reef dan Johnson South Reef, Kepulauan Spratly.

Kantor berita negara Vietnam mengutip juru bicara Kementerian Luar Negeri Le Hai Binh mengatakan, pembangunan tersebut melanggar dengan serius kedaulatan Vietnam, mempersulit keadaan dan meningkatkan ketegangan.

Ia mengatakan Vietnam akan memprotes tindakan China itu.

Xinhua mengatakan mercusuar itu akan membantu meningkatkan navigasi di daerah tersebut.

China telah meluncurkan proyek reklamasi tanah besar-besaran di karang-karang Laut China Selatan dalam 18 bulan terakhir, yang meningkatkan keprihatian di kawasan itu dan di Amerika Serikat. [gp]

XS
SM
MD
LG