Tautan-tautan Akses

Vietnam, Kamboja Bekerjasama Berantas Penyelundupan


Kedua negara akan bekerjasama memerangi penyelundupan yang marak antarkedua negara dan meningkatkan perdagangan bilateral.

Kamboja dan Vietnam telah sepakat memerangi penyelundupan dan menyederhanakan perdagangan lintas batas kedua negara selama KTT di Phnom Penh.

Menteri Luar Negeri Pham Gia Khiem memimpin delegasi Vietnam dalam pertemuan Selasa ini dengan Menteri Dalam Negeri Kamboja Sar Kheng.

Vietnam telah menjadi salah satu investor terbesar di Kamboja, menyediakan lapangan kerja bagi ribuan orang Kamboja, khususnya di provinsi-provinsi yang terletak di sepanjang perbatasan.

Dalam kunjungan tersebut, perusahaan minyak nasional Vietnam, Petrolimex, membuka kantor di Phnom Penh sebagai upaya untuk memperluas penjualan di Kamboja. Vietnam sudah menguasai 50 persen pasar produk minyak di Kamboja.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk mempertimbangkan pendirian pos pemeriksaan baru untuk menanggulangi penyelundupan. Tapi, para pejabat mengatakan mereka perlu memperbaiki jalan-jalan lintas batas untuk meningkatkan perdagangan bilateral.

XS
SM
MD
LG