Tautan-tautan Akses

Vietnam Bebaskan Blogger dengan Syarat Pindah ke AS


Nguyen Ngoc Nhu Quynh (tengah), blogger Vietnam ternama, diadili di provinsi Khanh Hoa, Vietnam, 30 November 2018. (Foto: dok).
Nguyen Ngoc Nhu Quynh (tengah), blogger Vietnam ternama, diadili di provinsi Khanh Hoa, Vietnam, 30 November 2018. (Foto: dok).

Vietnam telah membebaskan seorang blogger terkenal setelah dua tahun memenjarakannya dengan syarat ia harus meninggalkan negara itu dan pindah ke AS.

Nguyen Ngoc Nhu Quynh, yang dikenal sebagai “Ibu Jamur”. Ditangkap Oktober 2016 dan dihukum 10 tahun penjara atas tuduhan memburuk-burukan pemerintah komunis. Vonis yang dijatuhkan kepada blogger, yang sering menulis masalah HAM dan polusi industri, itu, mengundang kecaman sejumlah pemerintah Barat dan kelompok-kelompok HAM.

Teman-teman blogger berusia 39 tahun itu mengatakan, ia kini sedang dalam perjalanan ke AS dengan ibunya dan dua anaknya yang masih kecil.

“Setelah berbagai usaha, keluarga Nguyen Ngoc Nhu Quynh akhirnya bersatu di negara yang bebas," kata Nguyen Tin, sahabat Quynh di laman Facebook-nya. “Selamat kepada keluarga kecil itu.”

Pengacara Quynh, Ha Huy Son, mengatakan, pembebasan perempuan blogger itu merupakan berita baik namun tidak menghilangkan rintangan yang dihadapi orang-orang yang memperjuangkan demokrasi di Vietnam. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG