Tautan-tautan Akses

YouTube Pertemukan Pria India dengan Keluarga Setelah 40 Tahun


Bayangan logo YouTube di mata seorang pemirsa. (Foto: Ilustrasi)
Bayangan logo YouTube di mata seorang pemirsa. (Foto: Ilustrasi)

Seorang laki-laki India yang hilang selama 40 tahun kembali bersatu dengan keluarganya karena video YouTube yang menayangkan dia sedang menyanyikan lagu populer Hindi menjadi viral, AFP melaporkan, Kamis (19/4).

Khomdram Gambhir Singh berusia 26 tahun ketika dia meninggalkan rumahnya di Impha, di negara bagian Manipur pada 1978, dan sejak itu tidak pernah kembali, menurut beberapa laporan.

Tak ada kabar Gambhir selama empat dekade. Kemudian muncul sebuah video klip seorang laki-laki dengan jenggot beruban menyanyikan lagu Bollywood di sebuah jalan di Mumbai, yang berjarak sekitar 3.000 kilometer dari rumahnya, tayang online.

Dalam video klip itu, sang penyanyi memperkenalkan diri sebagai Khomdram Singh dari Manipur. Seorang penonton memberitahu video Khomdram kepada sebuah asosiasi di Imphal yang kemudian mengabarkan kepada keluarganya.

Keluarga Gambhir berhasil melacak jejaknya setelah meminta bantuan polisi. Gambhir selama ini tinggal di pinggiran Bandra.

“Dia mencari nafkah dengan mengamen menyanyikan lagu-lagu Hindi,” kata Firoze Shakir, seorang fotografer jalanan kepada AFP. Shakir merekam video Gambhir dan menggunggah video itu ke YouTube Oktober tahun lalu. Video Gambhir telah ditonton 55 ribu kali hingga bisa membantu melacak jejaknya.

Petugas kepolisian Imphal terbang ke Mumbai pada Rabu untuk menjemput Gambhir dan mempertemukan kembali dengan keluarganya. Mereka berangkat dari Mumbai pada Kamis (19/4) dan diperkirakan tiba di Imphal sore hari yang sama. [ft]

XS
SM
MD
LG